Tanggungjawab
Sosial Perusahaan (CSR) adalah produk dari global. Agar dapat sukses beroperasi
di luar negeri perusahaan membutuhkan pemahaman yang lebih luas tentang dunia,
diantaranya adalah kemampuan untuk mengenali kebutuhan masyarakat setempat dan
seni membangun hubungan yang berkelanjutan.
Definisi CSR dari Wikipedia:
Tanggungjawab Sosial Perusahaan adalah suatu konsep
dimana organisasi mempertimbangkan kepentingan masyarakat dimana perusahaan
mengambil tanggungjawab atas dampak aktivitas mereka pada pelanggan, pemasok,
karyawan, pemegang saham, masyarakat, dan lingkungan di semua aspek operasional
mereka.
Disini, Komunikasi memainkan peran penting, selain
menjembatani kesenjangan antara perusahaan dengan masyarakat, juga membentuk
kebijakan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Ini adalah langkah tanpa henti dari
globalisasi yang membuat kasus sempurna untuk ketrlibatan praktisi komunikasi
dalam proses awal CSR. Perusahaan membutuhkan pemahaman yang luas dan wawasan
dalam persoalan yang rumit untuk dapat mengelola resiko dalam bisnis gelobal.
India : Konverensi Soda
Profil organisasi non-pemerintah (LSM) juga berubah.
Mereka menjadi lebih gelobal. Dengan operasi yang kurang terikat dengan
batas-batas Negara. Internet nampaknya menimbulkan kurangnya parameter
geografis. Oleh karena itu, CSR pendekatan yang bisa mencapai sisi batas di
perlukan.
PepsiCo mempelajari ini di India pada tahun 2003
ketika Pusat Sains @ Lingkungan (CSE), sebuah LSM yang berbasis di New Delhi,
mengklaim bahwa soft drink itu mengandung residu pestisida yang berbahaya.
Aktivis pengguna blog dan e-mail pun ikut menyerang perusahaan mutinasional
tersebut. Pengunjukrasa turun ke jalanan di kota-kota dan membakar botol soda.
Penjualan minuman soda Pepsi akhirnya turun drastis. Disejumlah Negara
penjualannya pun dibatasi bahkan ada yang sampai dilarang.
LSM tahu
bagaimana membicarakan hal ini, sementara peruahaan multinasional sering maih
terjebak pada pembicaraan ganas di lingkaran dalam perusahaan. Jika anda ingin
didengar di lingkungan baru, anda harus mengkargai kepekaan budaya dan
keyakinan. Ini yang gagal di lakukan oleh PepsiCo di India.
Baca Juga :
Raditya Dika Tanggung Beban Film Koala Kumal
Setelah Putus dari Febby, Derby Sudah Temukan Pengganti
Air menempati
tempat yang istimewa dalam jiwa masyarakat India. Pemurnian dengan air adalah
prosedur ritual penting dalam agama Hindu. Air menjadi tempat terakhir bagi
orang-orang India setelah abu mereka disebar di sungai Gangga. Disamping itu,
masyarakat sdang mengalami masalah dengan pasokan air dan kekurangan air selama
bertahun-tahun. Tak heran masalah pestisida di minuman soda meledak begitu
emosional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar